Warga Pesisir Kalsel Ramai-ramai Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana Banjir Rob

Berita197 Dilihat

Minggu, 6 Agustus 2023 – 16:49 WIB

Kalimantan Selatan – Relawan yang berjejaring dalam Santri Dukung Ganjar Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar pelatihan tanggap bencana banjir rob untuk warga pesisir di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar.

Baca Juga :

Upaya PAN Majukan Bangsa Melalui Pendidikan

Rizali selaku Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Kalsel menjelaskan kawasan Desa Aluh-Aluh dan sekitarnya merupakan daerah yang menjadi langganan banjir rob tahunan.

Ilustrasi Banjir Rob Melanda Pesisir

Ilustrasi Banjir Rob Melanda Pesisir

Baca Juga :

Warga Karawang Antusias Ikuti Cek Kesehatan Gratis yang Digelar KST Jawa Barat

Ketika banjir rob melanda, aktivitas dan kegiatan masyarakat menjadi ikut terhambat lantaran harus dievakuasi terlebih dahulu.

“Kami melakukan kegiatan pelatihan tanggap bencana banjir rob, yang mana bencana banjir rob ini hampir terjadi setiap tahun di wilayah Aluh-Aluh ini,” ujar Rizali dalam keterangannya, Minggu 6 Agustus 2023.

Baca Juga :

Viral Polisi Bersepatu Masuk Masjid Usir Paksa Pendemo

Rizali menambahkan banjir rob yang melanda pemukiman pesisir dipicu oleh air laut yang mengalami pasang. Saat terjadi pasang, Kecamatan Aluh-Aluh yang dikelilingi sungai besar menjadi rawan bencana banjir rob.

Adapun pelatihan yang dilakukan Santri Dukung Ganjar Kalsel kepada warga yakni dengan praktik evakuasi secara langsung di sungai menggunakan perahu karet.

Halaman Selanjutnya

“Hari ini kami melakukan pelatihannya evakuasi ke masyarakat yang terdampak banjir, salah satunya menggunakan alat-alat sederhana. Perahu karet, pelampung dan lain-lain untuk keselamatan masyarakat itu sendiri,” jelas Rizali.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kata Anthony Gordon Usai Golnya Bikin Manchester United Gigit Jari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *