Top 3 Dunia: Israel Ringankan Dakwaan Pembunuh Bocah Palestina hingga Kebakaran di Hawaii

Berita183 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Top 3 dunia kemarin diawali dengan kasus pembunuhan remaja Palestina. Israel meringankan tuduhan tersangka yang merupakan pemukim Yahudi.

Berita kedua top 3 dunia adalah soal tragedi kebakaran di Hawaii. Sejumlah saksi mata menyatakan bahwa kebakaran itu seperti kiamat. Terakhir adalah soal kasus hukum yang menjerat Hunter Biden, anak Presiden AS Joe Biden. Berikut berita selengkapnya: 

1. Israel Turunkan Dakwaan Pembunuhan dalam Kasus Pembunuhan Remaja Palestina

Polisi Israel, Jumat, 11 Agustus 2023, menurunkan dakwaan pembunuhan terhadap seorang pemukim Yahudi yang diduga membunuh seorang warga Palestina dalam apa yang disebut Amerika Serikat sebagai “serangan teror“.

Permintaan penahanan baru yang diajukan oleh polisi, yang salinannya diperoleh oleh Haaretz dan dibagikan kepada Reuters, menunjukkan Yehiel Indore dituduh melakukan “pembunuhan karena ketidakpedulian yang disengaja” dalam penembakan 4 Agustus terhadap Qusai Maatan yang berusia 19 tahun.

Tapi tidak seperti permintaan penahanan sebelumnya dalam kasus ini, dia tidak lagi dituduh bertindak atas dasar “motivasi rasis” – sebuah tambahan yang, di bawah hukum Israel, memberikan keleluasaan kepada pengadilan untuk menjatuhkan hukuman yang lebih keras jika terbukti bersalah.

Washington, yang hubungan dekat tradisionalnya dengan Israel menjadi tegang, menggambarkan insiden itu sebagai “serangan teror oleh pemukim ekstremis Israel”.

Tidak ada konfirmasi segera atas dakwaan yang diubah dari polisi, yang dipimpin oleh menteri keamanan nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir.

Polisi menahan dua pemukim dalam insiden Jumat lalu di dekat desa Burqa dan mengatakan penyelidikan atas kasus tersebut sedang berlangsung, meskipun belum ada dakwaan resmi.

Warga Palestina mengatakan para tersangka adalah bagian dari kelompok sekitar 150-200 pemukim yang melemparkan batu, membakar mobil dan, ketika berhadapan dengan penduduk desa, menembak mati Maatan dan melukai beberapa lainnya.

Baca Juga  5 Pemain Bintang yang Berpotensi Meraih Gelar Golden Boot Liga Inggris 2023-2024

Seorang pengacara pembela mengatakan para pemukim – termasuk Indore, yang tetap di rumah sakit karena cedera kepala yang menurutnya disebabkan oleh lemparan batu ke arahnya – bertindak untuk membela diri.

Pada Kamis, pengadilan militer memerintahkan seorang ayah Palestina dan tiga putranya yang ditahan atas serangan pemukim untuk dibebaskan dengan jaminan.

Israel merebut Tepi Barat, yang diinginkan Palestina sebagai inti negara merdeka, dalam perang 1967. Karena terus memperluas permukiman yang dianggap ilegal oleh sebagian besar negara, kekerasan pemukim telah meningkat.

Ekspansi tersebut telah membuat hubungan AS-Israel tegang, seperti halnya perombakan yudisial yang dirancang oleh koalisi nasionalis-agama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang telah memicu protes nasional.

PBB mencatat 591 insiden terkait pemukim yang menyebabkan korban Palestina, kerusakan properti, atau keduanya dalam enam bulan pertama tahun 2023, rata-rata harian tertinggi sejak 2006.

Israel mengutip hubungan alkitabiah dan sejarah dengan Tepi Barat, yang menurut para menteri dalam koalisi Netanyahu ingin mereka aneksasi.

Kedutaan Besar AS di Israel tidak segera mengomentari perkembangan Jumat.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *