Sempat Mangkir, Ajudan Firli Dijadwalkan Ulang Diperiksa Soal Pemerasan oleh Pimpinan KPK Besok

Berita111 Dilihat

Kamis, 12 Oktober 2023 – 10:46 WIB

Jakarta – Ajudan alias Adc dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bakal diperiksa soal kasus dugaan pemerasan terkait penanganan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Mentan.

Baca Juga :

ICW Larang Firli Bahuri Dilibatkan Usut Korupsi Kementan, KPK: Di Polda Apa Sudah Ada Tersangkanya?

Pemeriksaan diagendakan Jumat, 13 Oktober 2023. Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

“Sudah dijadwalkan ulang pemeriksaan terhadap yang bersangkutan pada hari Jumat besok,” kata dia kepada wartawan, Kamis 12 Oktober 2023.

Baca Juga :

3 Orang Diperiksa soal Kasus Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Siapa Saja?

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Sejatinya Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap ajudan Firli kemarin. Tapi, yang bersangkutan mangkir. Dia memohon penundaan pemeriksaan kepada penyidik karena alasan dinas.

Baca Juga :

Tiba di Jakarta, Syahrul Yasin Limpo Langsung Serahkan Diri ke KPK?

“Adc Ketua KPK sebenarnya sudah dijadwalkan pemeriksaannya kemarin hari Rabu sebagaimana surat panggilan yang sudah dilayangkan kepada yang bersangkutan, namun yang bersangkutan tidak hadir,” ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Krimina Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredarnya foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Baca Juga  Ada Manchester United Vs Wolverhampton di TV Nasional

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL. 

Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu. 

Firli jelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

“Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Krimina Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *