Sandiwara Sastra Musim Kedua Rilis 10 Episode, Dibintangi Raline Shah-Nicholas Saputra

Berita102 Dilihat

Selasa, 31 Oktober 2023 – 17:22 WIB

JAKARTA – Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada tahun 2020 lalu merilis sebuah siniar (podcast) drama audio Sandiwara Sastra dan berhasil menjadi program unggulan serta meraih penghargaan dari Podcast Awards 2021 untuk kategori drama audio. 

Baca Juga :

Usai Ngaku Netral, Raline Shah Akhirnya Nyatakan Dukungan untuk Palestina

Pada 2023 ini, Kemendikbudristek yang bekerja sama dengan Titimangsa dan KawanKawan Media, kembali merilis 10 episode drama audio Sandiwara Sastra Musim Kedua bertema Misteri Nusantara. Acara peluncuran itu diselenggarakan di kantor Kemendikbudristek, kawasan Senayan Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim pada kesempatan tersebut mengapresiasi peluncuran Sandiwara Sastra Musim Kedua. Menurutnya, Sandiwara Sastra bisa menjadi unsur edukatif untuk memperkenalkan cerita rakyat ke anak-anak.

Baca Juga :

Terpopuler: Sule Emosi Ditanya Soal Mahalini, Bella Hadid Kirim Surat Terbuka ke Presiden Biden

“Saya sangat mengapresiasi semua tim yang tidak hanya terus membuat karya baru, tetapi juga mencari cara-cara baru dalam berkarya. Dengan mengalihwahanakan sastra ke dalam audio, Sandiwara Sastra tidak hanya kreatif, tetapi juga memiliki unsur edukatif yang bisa digunakan oleh orangtua atau guru untuk memperkenalkan cerita-cerita rakyat Nusantara kepada anak-anak dan murid-murid kita,” kata Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga :

Rentan Penipuan, Pahami Lagi Pentingnya Lindungi Data Pribadi

Sandiwara Sastra Musim Kedua merupakan alih wahana karya sastra Indonesia ke dalam media audio yang berangkat dari cerita rakyat (folklore), urban legend, maupun cerita pendek di wilayah Nusantara. 

Ada 10 episode yang ceritanya ditulis oleh sastrawan kenamaan Indonesia yakni Aprila R. Wayar, Kurnia Effendi, Putu Wijaya, Mario F. Lawi, Faisal Oddang dan Feby Indirani, Risa Saraswati, Ilya Sigma dan Priesnanda Dwisatria, Hasan Aspahani dan Ali Sadli Salim, Guntur Alam, serta Azhari Aiyub. Joned Suryatmoko dan Heliana Sinaga duduk di kursi sutradara.

Baca Juga  Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia, Jokowi Tegaskan Bentuk Hilirisasi

“Sejak 2021, kami sudah memulai prosesnya. Sandiwara Sastra Musim Kedua ini bukan hanya menceritakan sesuatu yang tak terlihat, namun kita ingin memberikan pilihan bahwa setiap daerah memiliki aneka ragam cara untuk menghadapi sebuah persoalan yang terjadi di sekitarnya,” ujar Happy Salma selaku produser. 

Happy jadi produser bersama dengan Yulia Evina Bhara dan Pradetya Novitri, Sepuluh judul episode itu menghadirkan kisah misteri dari berbagai daerah yakni “Perempuan Perkasa” (Papua)“Kampung Mati dan Hantu Berang-berang” (Kalimantan), “Si Manis Jembatan Ancol” (Jakarta), “Pahlawan” (Bali), Bombol dan Babi (NTT), “Keris” (Jawa), “Di Tubuh Tara Dalam Rahim Pohon”(Makassar), “Mimpi Jurai” (Sumatera), “Sandekala”(Jawa Barat), dan “Halo Bleki” (Aceh).

Sandiwara Sastra Musim Kedua dimainkan oleh nama-nama besar di dunia entertainment Tanah Air, di antaranya adalah Chelsea Islan, Raline Shah, Marcella Zalianty, Nicholas Saputra, Landung Simatupang, Ratna Riantiarno, Elly Lutan, Maudy Koesnaedi, Widi Mulia, Nova Eliza, Rangga Riantiarno, Nugie, Aming, Dewi Gita, Nicholas Saputra, Widuri Puteri Sasono, Nowela Mikhelia, dan sederet nama-nama lainnya. 

Sandiwara Sastra Musim Kedua bisa dinikmati dan akan tayang pada siniar @budayakita mulai 3 November 2023. 

Halaman Selanjutnya

“Sejak 2021, kami sudah memulai prosesnya. Sandiwara Sastra Musim Kedua ini bukan hanya menceritakan sesuatu yang tak terlihat, namun kita ingin memberikan pilihan bahwa setiap daerah memiliki aneka ragam cara untuk menghadapi sebuah persoalan yang terjadi di sekitarnya,” ujar Happy Salma selaku produser. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *