Rupa dari Cleopatra, Firaun Terakhir Mesir Kuno

Berita176 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 09:49 WIB

VIVA Tekno  – Cleopatra VII mungkin adalah wanita paling terkenal di dunia kuno. Dia adalah pemerintah terakhir dari dinasti yang memerintah Mesir kuno selama sekitar 300 tahun, dari kematian Alexander Agung hingga kebangkitan Kekaisaran Romawi. 

Baca Juga :

Sejarah Munculnya Ramalan Zodiak hingga Kini Dikenal Luas

Wajahnya telah diabadikan pada beberapa artefak, termasuk koin dan relief. Mungkin penggambaran dirinya yang paling terkenal adalah relief di kuil Dendera Mesir yang menunjukkan dirinya bersama putranya, Caesarion. 

Namun terlepas dari penggambaran kuno ini, kita sebenarnya hanya tahu sedikit tentang seperti apa rupa wanita paling kuat di dunia kuno. Dalam beberapa tahun terakhir, kontroversi itu berpusat pada topik perdebatan warna kulit Cleopatra.

Baca Juga :

Geger Banyak Turis di Yunani yang Tidur di Lantai Bandara, Kenapa?

Catatan arkeologi tidak memberi kita banyak petunjuk. Tubuhnya tidak pernah ditemukan dan penggambaran yang dibuat pada saat itu kemungkinan besar tidak dimaksudkan sebagai representasi sebenarnya dari atribut fisiknya.

“Kami benar-benar tidak memiliki bukti dari dunia kuno yang menunjukkan warna kulit Cleopatra,” kata Prudence Jones, seorang profesor humaniora klasik dan umum di Montclair State University.

Baca Juga :

BKI Gandeng Badan Klasifikasi Yunani untuk Tingkatkan Keselamatan Kapal serta Maritim Tanah Air

Terlebih lagi, konsepsi kita tentang warna kulit sebagai putih atau hitam pastilah asing bagi orang-orang kuno yang hidup pada masa itu.

Cleopatra
img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *