Ridwan Kamil Bela Longspan LRT Jabodebek yang Disebut Salah Desain

Berita196 Dilihat

Losergeek.org.CO, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut berkomentar soal tudingan salah desain pada jembatan lengkung bentang panjang alias longspan LRT Jabodebek di persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Gatot Subroto, Jakarta Selatan yang disebut salah desain. “Kadang suka diramai-ramaikan tanpa melihat konteksnya kayak urusan LRT yang melengkung, ini jawaban saya sederhana,” kata dia, Senin, 7 Agustus 2023.

Ridwan Kamil membela desain tersebut. “Itu kalau lengkungannya lebih besar, itu harus ada pembebasan gedung-gedung yang mahal, akhirnya membuat LRT itu tidak bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Ia mengatakan tidak ada yang salah dengan desain longspan LRT Jabodebek tersebut.  “LRT itu cuma menurunkan kecepatannya saja, gak ada masalah,” kata dia. 

Menurut dia berbeda situasinya jika area tempat pembangunan longspan tersebut awalnya lahan kosong. “Karena situasinya membangun di eksisting yang sudah banyak gedung tinggi. Bedakan kalau LRT itu misalkan di lahan kosong, bebas, jadi melengkungnya enak,” kata dia.

Kritik soal longspan LRT yang disebut salah desain itu pertama kali dilontarkan oleh oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Dia menyebut jembatan tersebut salah desain karena tidak dites sudut kemiringannya sehingga ketika kereta melintas tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Iklan

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyatakan bahwa kesalahan desain pada longspan LRT Jabodebek mengakibatkan adanya tikungan tajam yang berdampak pada melambatnya kecepatan kereta. Menurutnya, jika tikungan jembatan itu digarap melebar, maka kereta LRT Jabodebek bisa tetap melaju dengan kencang. 

Diketahui, jembatan lengkung LRT itu dibangun di atas flyover Tol Dalam Kota dan membentang sepanjang 148 meter. Longspan LRT ini memiliki radius lengkung 115 meter serta menggunakan beton seberat 9.688,8 ton.

Baca Juga  Ganjar Tawarkan Ide dan Gagasan Wujudkan Kedaulatan Pangan, Jokowi Terkesan

Pilihan Editor: Awal Mula Terkuak Longspan LRT Jabodebek Miring Tajam



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *