Nama 3 Anak Bupati Ponorogo yang Juga Seunik Jian Ayune Sundul Langit

Berita198 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 17:13 WIB

Ponorogo – Putri pertama dari Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, tengah jadi sorotan warganet karena memiliki nama yang unik, yaitu Jian Ayune Sundul Langit. Tahukah Anda, ternyata tiga saudara Jian Ayune ternyata juga memiliki nama yang tak biasa. Semuanya mengandung Bahasa Jawa dan mempunyai makna yang dalam.

Baca Juga :

Kota ini Ajukan Undang-undang Khusus Influencer Media Sosial

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa dirinya memiliki empat anak, tapi satu sudah meninggal dunia. Jian Ayune Sundul Langit adalah anak pertama yang lahir pada 11 Januari 2001. “[Saya] Ada 4 [anak], yang satu meninggal. Tinggal 3 [anak],” katanya kepada VIVA melalui sambungan telepon genggam, Senin, 14 Agustus 2023.

Anak kedua, lanjut mantan anggota DPRD Jatim itu, adalah laki-laki dan diberi nama Bintang Panuntun Qolbu. “[Anak] Yang meninggal saya kasih nama Pangeran Sampurno. [Anak] Yang terakhir, Gibran Cahyaning Pengeran,” ujar Sugiri.

Baca Juga :

Polisi Mulai Selidiki Laporan Konten Jilat Es Krim Selebgram Oklin Fia

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit

Anak Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Jian Ayune Sundul Langit

Bupati yang kini berkiprah politik di PDIP itu mengaku, tak pernah mengalami kejadian atau isyarat khusus saat memberikan nama pada anak-anaknya. Hal yang pasti, nama-nama yang disematkan kepada para anaknya diharapkan turut melekat dan memengaruhi pada kehidupan mereka.

Baca Juga :

Densus 88: Karyawan KAI Tersangka Teroris Modifikasi Air Gun Menjadi Senpi Penuh

Termasuk nama Jian Ayune Sundul Langit yang disematkan kepada anak pertamanya. “Dulu kita maunya kan, blakblakan, terus tidak njlimet, punya harapan biar anak ini dengan nama bagus, dengan nama yang tinggi itu kemudian diikuti dengan adab yang baik, dengan semangat yang baik. Harapan orang tua, kan, begitu dulu,” ujarnya.

Baca Juga  Sebut Gugatan Kubu Anies dan Ganjar ke Prabowo-Gibran Salah Kamar, Otto Ungkap Alasannya

Dia menjelaskan, secara harfiah, dalam Bahasa Jawa kata ‘Jian’ artinya ‘Sangat’. Sedangkan kata ‘Ayune’ artinya sebagaimana umumnya orang pahami, yaitu cantik. Bila digabungkan maka berarti ‘sangat cantik’.

Halaman Selanjutnya

Adapun makna Sundul Langit, menurut Sugiri, “Sundul itu, kan, mentok, ya. Sundul kepala, sundul plafon, berarti, kan, mentok plafon. Saya berharap anak ini tidak hanya cantik, tapi punya kecerdasan spiritual yang tinggi, kecerdasan sosial yang tinggi.”

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *