KPU Sebut Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara Hampir Rampung

Berita49 Dilihat

Jumat, 26 Januari 2024 – 11:17 WIB

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari mengatakan, sudah sekitar 99 persen lebih surat suara telah disortir dan dilipat. Sehingga tinggal menunggu dikemas dan dimasukkan dalam kotak-kotak suara.

Baca Juga :

Media Asing Kembali Ulas Pemilu RI, Prabowo Disebut Berpotensi Menang

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, awal Februari akan segera didorong supaya pada waktu yang telah ditentukan H-1 atau satu hari sebelum hari pemungutan suara, kotak suara yang berisi alat-alat perlengkapan, pemungutan dan penghitungan suara sudah tiba di TPS masing-masing,” kata Hasyim kepada awak media, Jumat, 26 Januari 2024.

Hasyim menerangkan, ada 820.161 TPS untuk Pemilu 2024. Setiap TPS ada 7 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), sehingga total petugas KPPS yang bertugas selama Pemilu 2024 sebanyak 5.741.127 orang.

Baca Juga :

Bingung Pilih Capres dan Cawapres? Ini Saran Buya Yahya Biar Gak Dosa

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Hasyim mendorong para petugas KPPS yang telah dilantik untuk bekerja profesional sesuai kode etik penyelenggara pemilu. “Kepada para anggota KPPS supaya bekerja penuh integritas, profesional, mandiri, transparan, dan akuntabel,” kata Hasyim.

Baca Juga :

KPU Sebut Format Debat Kelima Sama Meski Bawaslu Usul Tanpa Penonton

Hasyim berharap petugas KPPS dapat bersama-sama berikhtiar untuk meningkatkan kualitas layanan KPU, terutama kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Karena itu, kami minta anggota KPPS semuanya di seluruh Indonesia menjaga integritas pemilu dan juga menjaga orisinalitas atau keaslian ekspresi pilihan pemilih, mulai dari TPS sampai nanti di ujung akhir rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat nasional dan penetapan hasil pemilu di tingkat nasional berkesesuaian dengan ekspresi pemilih di TPS nanti pada 14 Februari 2024,” ujarnya.

Baca Juga  Buka Kongres HMI dan Munas Kohati, Jokowi Ajak Kader Kawal Perjalanan Indonesia Menjadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo.

TKN: Kami Sangat Senang Sekali Jika Jokowi Turun Gunung Ikut Kampanye

Jokowi sebelumnya menyebut seorang kepala negara boleh memihak dan berkampanye saat pemilu.

img_title

VIVA.co.id

26 Januari 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *