KPK Temukan Aliran Uang Syahrul Yasin Limpo ke Partai Nasdem, Jumlahnya Miliaran Rupiah

Berita104 Dilihat

Jumat, 13 Oktober 2023 – 20:01 WIB

Jakarta – Mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo alias SYL resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Status SYL sebelumnya sudah jadi tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Baca Juga :

Pengusaha Edward Hutahaean Jadi Tersangka Baru Korupsi BTS, Kejagung Kejar Satu Lagi

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan resmi ditahan selama 20 hari ke depan di rumah tahanan atau rutan KPK. Dia mengatakan pihaknya juga menemukan dugaan aliran uang dari SYL masuk ke Partai Nasdem.

“Sejauh ini ditemukan juga aliran penggunaan uang sebagaimana perintah SYL yang ditujukan untuk kepentingan Partai Nasdem,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jumat 13 Agustus 2023.

Baca Juga :

Alexander Marwata Ungkap Misteri Keberadaan Firli Bahuri Tak Hadir saat Konpers SYL

Tersangka Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) Diperiksa KPK

Alex menjelaskan dugaan uang yang disetorkan ke Nasdem itu jumlahnya miliaran rupiah. Meski demikian, ia tak menyebut jumlah pasti. Sebab, KPK masih melakukan pendalaman lebih jauh soal aliran uang tersebut. “Dengan nilai miliaran rupiah dan KPK akan terus mendalami,” jelas Alex.

Baca Juga :

Voxpol Ungkap 5 Alasan Mengapa Yusril Layak Jadi Cawapres Prabowo

Dia menambahkan KPK akan terus mendalami dugaan gratifikasi yang diterima SYL serta dua tersangka lainnya.

“Penerimaan-penerimaan dalam bentuk gratifikasi yang diterima SYL bersama-sama KS dan MH masih terus dilakukan penelusuran dan pendalaman oleh tim penyidik,” ujar Alex.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Sebelumnya, Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni mengakui kalau Fraksi Nasdem di DPR RI menerima uang dari SYL. Adapun uang tersebut diterima dengan alasan sebagai bantuan untuk bencana alam.

Baca Juga  Gandeng Para Ahli, Sahabat Ganjar Beri Edukasi Pencegahan Stunting

Sahroni menuturkan kalau Fraksi Nasdem menerima uang Rp20 juta dari SYL. “Ke Fraksi Nasdem untuk bantuan bencana alam itu benar nilai nya Rp 20 juta,” kata Sahroni dikutip pada Kamis 12 Oktober 2023.

Namun, ia mengaku Fraksi Nasdem itu tak mengetahui darimana asal uang yang diberikan SYL. Sebab, menurut dia, sudah jadi hal yang lumrah terkait dengan pemberian tersebut dengan alasan sumbangsih. Namun, ia menekankan pihaknya menyerahkan semua hal itu kepada KPK.

“Kita mana taHu itu uang dari mananya. Kami anggota DPR RI semua memberikan bantuan bencana alam di manapun berada (sumbangsih) buat masyarakat yang terkena dampak. Langkah selanjutnya tunggu dari KPK,” ujar Sahroni.

Halaman Selanjutnya

Source : KPK.go.id

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *