Kebiasaan Mandi Air Panas Bisa Bikin Kulit Kering, Begini Tips Menjaga Skin Barrier dari Dermatolog

Berita49 Dilihat

Sabtu, 27 Januari 2024 – 15:04 WIB

VIVA Lifestyle – Kulit menjadi organ bagian tubuh terbesar sekaligus pertahanan paling luar yang dapat membuat tubuh terlindung dari berbagai penyakit, virus, sinar matahari, hingga paparan polusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit adalah hal yang sangat penting terutama dalam urusan kecantikan.

Baca Juga :

Intip 3 Rekomendasi Skincare Pria, Jaga Kesehatan dan Penampilan Wajah

Bicara soal kulit, ada skin barrier yakni merupakan lapisan pelindung kulit yang letaknya berada di permukaan epidermis. Skin barrier ini digambarkan seperti susunan batu bata yang secara alami memproduksi ceramide guna melembapkan kulit.

Ceramides adalah lipid (lemak) yang secara alami terdapat dalam kulit dan sangat penting dalam mendukung fungsi skin barrier serta menjaga kelembapan.

Baca Juga :

Mulia, Alasan Ruben Onsu Buat Produk Kecantikan

Tanpa ceramides, kulit dapat menjadi kering, gatal, atau mengalami iritasi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Ceramide tersuun seperti batu bata yang akan merekatkan kulit dari satu lapisan ke lapisan yang lain,” ungkap Dr. Muneeb Shah, seorang Dermatologi, dalam acara peluncuran CeraVe di Jakarta, Jumat 26 Januari 2024.

Baca Juga :

Momen Para Anggota OSIS Hancurkan Bedak hingga Sunscreen Milik Siswi

Akan tetapi, paparan polusi, usia, penggunaan produk skincare yang salah, hingga gaya hidup tak sehat dapat mengganggu ketahanan skin barrier.

Jika skin barrier rusak, maka akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti eksim hingga psoriasis. Berikut ini adalah tips menjaga ketahanan skin barrier dari Dr. Muneeb Shah.

1. Hindari kebiasaan mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas mungkin bisa memberikan kesegaran tersendiri karena sensasi yang menenangkan.

Baca Juga  Bikin Macet, 330 Kendaraan Bertonase Besar Dikandangkan

Tetapi, air yang terlalu panas justru membuat kulit terasa kering setelah mandi dan jika terbiasa dengan hal tersebut maka skin barrier akan mudah rusak. Sebaiknya, mandi atau membasuh wajah dengan air dingin setiap hari.

2. Pakai pelembap 5 menit setelah mandi

Setelah mandi atau membasuh wajah, Dr. Muneeb Shah menyarankan agar segera mengaplikasikan losion pelembap di kulit dalam jangka waktu sekitar 5 menit.

Di waktu tersebut, kondisi kulit masih setengah basah sehingga pelembap atau losion yang dipakai akan mudah terserap bersamaan dengan mengeringnya air.

3. Memakai produk dengan kandungan ceramide

Kandungan ceramide dalam skincare harian sangat baik untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.

Tanpa menerapkan 10 step skincare pun, kulit bisa terjaga kesehatannya apabila poroduk perawatan mendasar yang digunakan mengandung bahan yang ampuh menjaga kulit seperti ceramide tersebut.

4. Hindari skincare yang mengandung fragrance

Fragrance atau pewangi dalam kandungan produk-produk perawatan kulit memang terkadang bisa memberikan efek menenangkan karena aromanya yang wangi.

Tetapi, fragrance tersebut sedikit banyak mengandung alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering. Fragrance juga tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif karena bisa menimbulkan reaksi alergi.

Halaman Selanjutnya

1. Hindari kebiasaan mandi dengan air panas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *