Jepang Akan Mulai Tahap Dua Buang Limbah Nuklir PLTN Fukushima

Berita107 Dilihat

Kamis, 5 Oktober 2023 – 13:20 WIB

Tokyo – Jepang segera mengawali tahap kedua pembuangan air limbah nuklir dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima ke Samudera Pasifik, Kamis 5 Oktober 2023, setelah tahap pertama dilakukan dalam batas keamanan yang ada pada 24 Agustus sampai 11 September.

Tahap kedua pembuangan air radioaktif tersebut diperkirakan dimulai pukul 10.30 pagi waktu setempat dan terus berlanjut sampai 23 Oktober.

Media massa Jepang memperkirakan total pembuangan mencapai 7.800 ton atau hampir sama dengan jumlah pembuangan pada tahap pertama. Pembuangan harian air radioaktif ini diperkirakan mencapai 460 ton.

Baca Juga :

95 Siswi di Kenya Tiba-tiba Lumpuh Akibat Penyakit Misterius

Warga berunjuk rasa mengecam keputusan Pemerintah Jepang untuk membuang air limbah radioaktif yang terkontaminasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke laut.

Tokyo Electric Power Co yanng mengoperasikan PLTN itu berencana  membuang air tersebut, yang disimpan dalam tangki, setelah diolah melalui sistem pemurnian khusus yang dikenal dengan Advanced Liquid Processing System (ALPS) sejak hancur pada Maret 2011, melalui sebuah terowongan laut yang membentang satu kilometer ke laut.

ALPS dapat menghilangkan 62 jenis zat radioaktif, kecuali tritium, yang dapat diturunkan ke tingkat aman secara internasional melalui pengenceran dengan air laut.

Baca Juga :

Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami Setelah Gempa 6,6 SR

Warga Korsel menggelar demo pelepasan limbah air radioaktif ke laut oleh Jepang

Warga Korsel menggelar demo pelepasan limbah air radioaktif ke laut oleh Jepang

Pemerintah Jepang, pemerintah Prefektur Fukushima dan Tokyo Electric rutin menganalisis konsentrasi tritium dalam air laut dan ikan di sekitar PLTN itu  sejak pembuangan pertama dan kabarnya tak ada kelainan.

Rabu kemarin Tokyo Electric kembali mengukur konsentrasi tritium dalam air limbah yang diolah dan diencerkan. Mereka mendapati  konsentrasinya mencapai 87 becquerel per liter, yang lebih rendah dari standar pembuangan. (Ant/Antara)

Baca Juga  Atasi Stunting, Nakes dan Kader Posyandu Dapat Modul Belajar Online Soal Gizi dan Kesehatan

Baca Juga :

Keluarga Siswi Korban Penganiayaan di Bekasi Minta Keadilan Polisi

Sebanyak 28 WNI korban perusahaan “online scam” dipulangkan dari Kamboja dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Rabu (4/10/2023).

Pemerintah Pulangkan 28 WNI Korban Perdagangan Orang dari Kamboja

Kementerian Luar Negeri dan KBRI Phnom Penh memfasilitasi pemulangan 28 WNI terindikasi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dari Kamboja.

img_title

VIVA.co.id

5 Oktober 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *