Industri Rokok Asal Madura Tembus Pasar Dunia

Berita104 Dilihat

Jumat, 13 Oktober 2023 – 11:14 WIB

Pamekasan – Perusahaan Rokok (PR) Empat Sekawan yang beroperasi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, telah menunjukkan ambisi kuat untuk memperluas cakupan pasar ekspornya. Kini, PR Empat Sekawan melangkah lebih jauh dengan mengincar pasar internasional, mencakup wilayah seperti Timor Leste, Malaysia, dan Filipina.

Baca Juga :

Sepeda Motor Buatan Indonesia Semakin Laris di Luar Negeri

Pemilik PR Empat Sekawan, Suhaydi, mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan mereka telah mengirim sekitar 20 ribu batang rokok dengan merek Djava yang dikemas dalam dua ribu karton ke Filipina, dengan rencana selanjutnya akan mencapai Malaysia. Beberapa waktu yang lalu, produk rokok asal Madura ini juga telah terkirim ke Timor Leste.

Industri rokok.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Baca Juga :

Mencoba Kabur dari Pengejaran Bea Cukai, Minibus Pengangkut Rokok Ilegal Terperosok ke Sungai

“Saat ini, kami telah mengirim sekitar 20 ribu batang rokok dalam dua ribu karton ke Filipina, dan berencana untuk mencapai Malaysia. Beberapa hari yang lalu, kami juga telah mengirimkan produk rokok Madura ini ke Timor Leste,” ungkap Suhaydi, pemilik PR Empat Sekawan, Rabu (11/10/2023).

Dengan melihat tingginya permintaan ekspor pertama ke beberapa negara, PR Empat Sekawan berencana untuk terus memperluas jangkauan ekspornya, termasuk ke negara-negara seperti Afrika dan Thailand.

Baca Juga :

Dalam Sepekan, PT Maesindo Indonesia Ekspor ke Empat Negara Sekaligus

“Saya optimis bahwa dengan meningkatnya permintaan dari pasar luar negeri, kami akan mencoba untuk memperluas ke pasar Afrika dan Thailand. Kami yakin dan percaya bahwa ini memungkinkan,” paparnya.

Suhaydi menegaskan bahwa apa yang telah dilakukan oleh perusahaannya dapat menjadi contoh bagi perusahaan rokok lain di Madura, meskipun pada awalnya mungkin tidak mudah. Namun, optimisme dan dedikasi tetap menjadi kunci kesuksesan.

Baca Juga  Heru Budi Usul Kendaraan 2.400 cc Pakai Pertamax Turbo Demi Mereduksi Polusi Udara Jakarta

“Jika kita mengembangkan produk dengan baik, pasti kita bisa bersaing dengan produk-produk lain yang sudah ada di pasar,” kata Suhaydi.

Suhaydi juga menjelaskan bahwa menjalankan bisnis rokok tidaklah mudah. Ini melibatkan proses yang panjang dan perjuangan yang besar, termasuk dalam menjaga komitmen dan kepercayaan dengan pihak-pihak negara lain. “Saya memulainya dari nol. Saya yakin bahwa perusahaan lain juga memiliki potensi untuk berkembang,” tambahnya, sambil mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, termasuk pemerintah dan Bea Cukai.

“Kami sangat berterima kasih atas pelayanan dan kemudahan yang diberikan oleh Bea Cukai Madura dalam memberikan izin, edukasi, dan fasilitas. Peran mereka sangat besar dalam perkembangan perusahaan kami,” ungkap Suhaydi.

Perusahaan Rokok asal Madura ekspor ke mancanegara

Perusahaan Rokok asal Madura ekspor ke mancanegara

Sementara itu, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura, Zainul Arifin, mengatakan bahwa pengiriman produk rokok filter Djava ini merupakan yang terbesar dilakukan oleh perusahaan rokok di Madura.

Menurutnya, ini adalah langkah positif untuk produk asli Madura, khususnya Pamekasan, yang telah berhasil menembus pasar internasional.

“Ini menunjukkan eksistensi produk Madura yang disukai oleh negara-negara luar. Ini adalah hasil dari usaha bersama kami untuk mendorong produk rokok Madura yang sah dan legal untuk diekspor ke luar negeri, dan Bea Cukai Madura siap mendukung pengiriman produk ini ke luar negeri,” kata Zainul Arifin.

Pihaknya berharap bahwa langkah PR Empat Sekawan dalam mengirim produk rokok ke beberapa negara luar akan memberikan motivasi dan inspirasi bagi perusahaan rokok lain di Madura untuk mengembangkan ekspor produk mereka ke luar negeri. (Veros Afif/Pamekasan) (CPT)

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *