Ibu Hamil Tidak Boleh Cabut Gigi, Ternyata Ini Bahayanya

Berita114 Dilihat

Selasa, 19 September 2023 – 15:39 WIB

JAKARTA – Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat ibu hamil rentan mengalami masalah kesehatan pada gigi mereka. Kenaikan kadar hormon selama kehamilan diketahui dapat menyebabkan pembengkakan serta perdarahan gusi.

Baca Juga :

Karena Gusi, Ibu Hamil Bisa Berisiko Lahirkan Bayi Prematur hingga Berat Badan Rendah

Tak hanya itu saja, ada beberapa masalah lainnya seperti sakit gigi. Ketika masalah gigi pada ibu hamil menjadi sorotan, banyak anggapan di masyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan cabut gigi. 

Lantas benarkah demikian? Terkait hal tersebut, spesialis konservasi gigi RSPI Pondok Indah, Dr.drg. Rina Permatasari, Sp.K.G  angkat bicara. Dijelaskan Rina bahwa memang ada di masa-masa tertentu ibu hamil tidak boleh melakukan prosedur cabut gigi.

Baca Juga :

Dokter Gadungan Susanto Merengek Minta Dihukum Ringan Usai Dituntut 4 Tahun Penjara

“Memang sebetulnya ada periode-periode tertentu dimana janin yang dikandung oleh ibu masih lemah. Itu memang dianjurkan tidak dilakukan cabut gigi misalnya di trimester pertama dan trimester ketiga,” kata Rina dalam exclusive interview dengan awak media, Selasa 19 September 2023.

Baca Juga :

Susanto, Dokter Gadungan di RS PHC Surabaya Dituntut 4 Tahun Penjara

Di satu sisi, Rina menjelaskan bahwa ada alternatif perawatan gigi lainnya untuk ibu hamil yang bisa direkomendasikan oleh dokter ahli. Salah satunya adalah perawatan syaraf.

“Tapi untuk perawatan syaraf bisa, kalau misalnya gigi itu tidak harus dicabut dan bisa hanya dilakukan perawatan syaraf saja bisa dilakukan pada kondisi hamil,” kata dia lebih lanjut.

Rina juga menjelaskan sebenarnya yang tidak boleh atau yang berbahaya untuk ibu hamil adalah prosedur radiologi. Prosedur radiologi ini biasanya dilakukan ketika akan melakukan prosedur pencabutan gigi atau perawatan syaraf.

Baca Juga  Sosok Jenderal Bintang 3 Peraih Adhi Makayasa Akmil 1991 hingga Sosok Mayor Teddy 

“Pada ibu hamil dihindari karena ditakutkan bisa merusak janin yang ada di dalam perut ibu,” kata dia.

Di sisi lain, Rina mengimbau untuk sebelum terjadi kehamilan itu sebaiknya diperiksakan kondisi gigi dan jaringan di sekitarnya. Jikalau memang ada infeksi dilakukan perawaatan gigi sambil ikhtiar mendapatkan anak. 

“Jangan sampai saat hamil giginya sakit dan harus dilakukan pencabutan. Sebetulnya bisa dilakukan pencabutan tetapi harus benar-benar dengan prosedur yang hati-hati sekali dan banyak pertimbangannya,” kata dia. 

Rina menambahkan,”Biasanya dokter akan konsultasi dokter spesialis bedah mulutnya akan berkomunikasi dengan dokter kandungan apakah gigi pasien bisa dilakukan pencabutan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Rina juga menjelaskan sebenarnya yang tidak boleh atau yang berbahaya untuk ibu hamil adalah prosedur radiologi. Prosedur radiologi ini biasanya dilakukan ketika akan melakukan prosedur pencabutan gigi atau perawatan syaraf.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *