BMKG soal El Nino: 63 Persen Wilayah Mulai Terdampak, Siaga Kekeringan di 4 Kabupaten Jawa Barat

Berita189 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebut 63 persen wilayah zona musim di Indonesia telah terdampak fenomena El Nino. Puncak fenomena itu diperkirakan terjadi pada Agustus dan September mendatang.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, A Fachri Radjab, mengatakan pihaknya mengkategorikan zona musim di Indonesia menjadi 699 zona. Dari jumlah tersebut, 63 persen diantaranya telah memasuki musim kemarau.

“Artinya, memang yang sudah terdampak langsung dari El Nino itu sekitar 63 persen wilayah zona musim tadi,” kata Fachri pada Senin, 31 Juli 2023.

Musim kemarau tahun ini lebih kering

Dia melanjutkan, musim kemarau kali ini diperkirakan lebih kering dibandingkan tiga tahun sebelumnya. “Jadi, ada beberapa wilayah yang memang kami prediksikan intensitas hujannya itu dalam kategori rendah,” ujar Fachri. 

Berdasarkan perkiraan hujan bulanan sebagian besar Sumatera, termasuk Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung memiliki intensitas hujan rendah. Hal tersebut juga terjadi hampir di seluruh wilayah Jawa.

Begitu pula dengan Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal serupa terjadi juga di Pulau Kalimantan, seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, serta Sulawesi, utamanya Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

“Nah, itu yang berpotensi terjadi musim kering yang ekstrem,” tutur dia.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Nama Besar Juventus Bikin Remaja 17 Tahun Mendua, Bologna Kena Prank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *