Aturan Unik Kartu Kuning di Nusantara Open 2023

Berita78 Dilihat

Kamis, 14 Desember 2023 – 19:00 WIB

Bekasi – Turnamen sepakbola U-17 Nusantara Open 2023 resmi digelar hari ini, Kamis 14 Desember 2023. Ada hal menarik terkait regulasi kartu kuning dalam turnamen yang digagas Prabowo Subianto ini.

Baca Juga :

Mendukung Pertumbuhan Bibit Sepakbola Tanah Air

“Dalam turnamen ini kami membawa misi edukasi terutama terkait aturan Sin Bin, di mana pemain yang terkena kartu kuning itu dia keluar sementara, bisa digantikan oleh yang lain, dan selanjutnya boleh bermain lagi,” kata Kepala Pertandingan Nusantara Open 2023 Jaelani dalam acara Talkshow & Drawing Nusantara Open 2023 di Komplek Akademi Sepakbola Garudayaksa, Bogor.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menjadikan turnamen Nusantara Open 2023 sebagai momentum berbagi pengetahuan terkait regulasi Sin Bin dari EPA PSSI.

Baca Juga :

Ketum PSSI Puji Niat Serius Prabowo Bangun Sepakbola Indonesia

Ia menjelaskan, aturan Sin Bin yang diterapkan berupa hukuman penalti 3 menit bagi pemain yang membuat pelanggaran tertentu akan diusir keluar lapangan sejenak, sebelum boleh kembali ke lapangan.

Aturan ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pemain yang melanggar dan pelatih untuk mengevaluasi permainan sehingga tidak mengulangi pelanggaran lagi dalam permainan selanjutnya.

Baca Juga :

Prabowo Buka Nusantara Open 2023, Diikuti 16 Klub Sepakbola U-17

Jaelani menyebutkan beberapa aturan lain yang akan diterapkan pada Nusantara Open 2023 seperti durasi bermain selama 2×30 menit.

Selain itu, pemain yang didaftarkan sebanyak 23 pemain ditambah 5 ofisial, serta sistem pergantian pemain sebanyak 3 slot dengan maksimal 7 pemain.

“Kami ingin memberikan pengalaman bertanding kepada seluruh peserta yang sekaligus ada edukasi peraturan untuk pengembangan tim-tim ke depan,” katanya.

Baca Juga  Profil Prabu Revolusi, Jurnalis Senior yang Dipecat dari Deputi Komunikasi TPN Ganjar-Mahfud

Turnamen Nusantara Open yang kedua kali digelar akan diikuti tim dari 16 akademi yaitu Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knokout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, pemain yang didaftarkan sebanyak 23 pemain ditambah 5 ofisial, serta sistem pergantian pemain sebanyak 3 slot dengan maksimal 7 pemain.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *