6 Tanaman Unik di Dunia, Ada Bunga Bangkai hingga Rafflesia Arnoldi

Berita173 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Di dunia ini ada beragam jenis tanaman. Ada tanaman yang memiliku bunga yang berbau bangkai. Ada pula tumbuhan yang menghasilkan buah yang kaya nutrisi, hingga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam tanaman unik di dunia.

1. Bleeding heart (Lamprocapnos spectabilis)

Dikutip dari Natural History Museum, nama bleeding heart diambil dari bentuknya yang seperti hati dan ujung putih khas yang menyerupai tetesan. Spesimen pertama tanaman ini diperkenalkan ke Inggris pada abad ke-19 oleh ahli botani Robert Fortune. Tanaman ini mekar di musim semi. 

2. Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau Amorphophallus titanium merupakan tumbuhan suku talas-talasan (Araceae) asli endemik Pulau Sumatera, Indonesia, sekaligus dikenal sebagai tumbuhan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Seperti namanya, tanaman ini menghasilkan bau busuk seperti bangkai selama puncak mekarnya di malam hari. Ini memungkinkannya untuk menarik penyerbuk seperti lalat dan kumbang bangkai dari jarak bermil-mil jauhnya. 

3. Rafflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia arnoldii adalah flora yang berbeda dengan bunga bangkai (Amorphophallus). Rafflesia merupakan bunga yang dapat mengeluarkan bau busuk. Namun, masyarakat sering tertukar dengan penyebutan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum). Meskipun sama-sama berbau bangkai, rafflesia dan bunga bangkai raksasa merupakan jenis yang berbeda.

Jika rafflesia bentuk bunganya melebar, bunga bangkai raksasa memiliki bunga tinggi memanjang. Rafflesia merupakan tumbuhan endoparasit, sementara bunga bangkai merupakan tumbuhan seutuhnya yang berkembang dari umbi. Indonesia tercatat sebagai rumah bagi 17 spesies rafflesia.

4. Anggrek Hantu

Iklan

Tanaman yang tampak aneh ini menyerupai bentuk hantu kecil yang tergantung di semak-semaknya. Seperti anggrek lainnya, anggrek jenis ini tidak berdaun dan berbau apel. Ini adalah salah satu spesies anggrek paling langka yang ditemukan di dunia dan memiliki bunga pucat dan batang tipis. Ini adalah daerah terpencil di Florida dan Kuba.

Baca Juga  Dani Alves Indicted for Sexual Assault Case in Spain

5. Victoria Amazonica, Sang Daun Raksasa

Inilah tanaman bunga terbesar dari keluarga Nymphaeaceae atau Water Lilies. Tanaman unik ini dapat ditemukan di cekungan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Tanaman ini memiliki daun yang lebar hingga berdiameter 3 meter dengan ujung ke atas sehingga tidak tumpang tindih dengan daun lain. Bagian bawahnya berduri yang berfungsi menghalangi satwa apa pun untuk memakannya.

Keunikan lainnya, daun yang mengambang di atas air ini mampu menahan beban hingga 50 kilogram. Bunganya pun tergolong besar (diameter 40 cm) yang hanya bisa dilihat malam hari. 

6. Bunga Bibir

Tanaman ini bernama Psychotria elata. Sesuai dengan namanya, tanaman kecil yang tumbuh di hutan tropis ini memiliki bunga yang dikenal dengan sebutan bunga bibir karena menyerupai bibir wanita bergincu merah. Bunga bibir ditemukan di hutan hujan tropis di Amerika Tengah dan Selatan seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama dan Ekuador.

Tanaman ini tampaknya telah berevolusi sehingga memiliki bentuk unik. Menariknya lagi, warna merah menggoda merupakan daya tarik utama untuk memancing kehadiran para penyerbuk seperti burung kolibri dan kupu-kupu.

Pilihan Editor: 5 Tanaman dengan Sebutan Unik, Ada Janda Bolong hingga Kuping Gajah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *