115.000 Prajurit TNI AD Siap Amankan Pemilu 2024 Hingga TPS-TPS

Berita94 Dilihat

Rabu, 8 November 2023 – 13:13 WIB

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto hari ini memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga :

Mahfud MD Sebut Putusan MKMK Sangat Bagus dan Diluar Espektasi

Apel gelar pasukan ini ditujukan untuk mengecek kesiapan satuan jajaran TNI AD dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu, bukan hanya dilakukan secara terpusat oleh jajaran TNI AD di wilayah Garnisun 1 Jakarta saja, apel gelar pasukan juga digelar secara tersebar di jajaran TNI AD di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Kasad juga menyempatkan diri menyapa seluruh pasukan di masing-masing Kodam seluruh Indonesia melalui video conference. Tidak hanya itu, Jenderal TNI Agus Subiyanto juga sempat berkomunikasi dengan para Pangdam yang memimpin Apel Gelar Pasukan di satuannya masing-masing guna mengecek kesiapan pasukan dalam misi pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga :

Pimpin Gelar Pasukan Pemilu, KSAD Peringatkan Anggota Akan Ditindak jika Terlibat Politik Praktis

Dalam amanatnya, KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan implementasi tugas pokok TNI AD, yang tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis yang begitu kompleks dan dinamis, baik di lingkup global, regional, maupun nasional.

“Sebagai salah satu garda terdepan, TNI AD harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal, sehingga siap menjalankan amanat dari tugas negara, kapan pun dan dimana pun dibutuhkan, sesuai dengan visi “TNI AD yang PRIMA”, yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto, Rabu, 8 November 2023.

Baca Juga :

KSAD Jenderal Agus Blak-blakan soal Kedekatan dengan Jokowi

Lebih jauh Kasad mengungkapkan, lebih dari 115.000 personel TNI AD, siap mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah tanah air, bersama-sama dengan personel dari matra lain dan Polri. 

Usai memimpin Apel, Kasad juga menyaksikan Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu DKI Jakarta, diikuti oleh para Ketua Partai Politik tingkat DKI Jakarta, serta dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi.

“Deklarasi Pemilu Damai ini akan terus kita gelorakan di seluruh wilayah, sehingga Pemilu Damai bisa terlaksana, demi kesejahteraan masyarakat,” tutur Kasad seraya menyebut bahwa Angkatan Darat memiliki rencana tindakan kontijensi yang pemetaannya berada di tangan Pangdam dan telah disesuaikan dengan kerawanan yang ada di masing-masing wilayah.

Di penghujung kegiatan, Kasad menyempatkan diri untuk berbaur dan makan siang bersama seluruh prajurit peserta Apel, tamu undangan, serta para awak media yang hadir di lokasi acara. 

Halaman Selanjutnya

Usai memimpin Apel, Kasad juga menyaksikan Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu DKI Jakarta, diikuti oleh para Ketua Partai Politik tingkat DKI Jakarta, serta dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *